Monday, November 28, 2011

Monkey Majik !!

- MONKEY MAJIK -
"Band yang merupakan perpaduan antara Barat dan Jepang"

Oke.. Dari namanya aja udah unik, ya kan? Monkey Majik yang kalo di bahasa Indonesia-in ya jadi Monyet Ajaib. Hahaha. Tau theme iklan Coca Cola? Nah itu tuh dari band ini! Judulnya Open Happiness. Band ini terbentuk pada tahun 2000 di Sendai, Jepang, yang beranggotakan 4 orang. 2 orang kakak beradik dari Kanada, Maynard dan Blaise Plant, yang dimana dua-duanya megang vokal ama gitar. Plus 2 orang Jepang, Tax sebagai Drummer, dan Dick sebagai Bassist.

Awal gw denger lagu band ini waktu gw nonton VMAJ (Video Music Aid Japan) secara gak sengaja di salah satu stasiun TV swasta. Gak sengajanya karena gw ngeliat ada AKB48 disitu . Makanya gw ga pindah channel. Pertamanya dalem hati gw bilang, "Yah, ini mah lagu barat.", Eh.. Taunya dia nyanyiin lagu Jepang. Wiw! Bule nyanyiin lagu Jepang.. Penasaran juga gw. Dan lagu yang pertama gw denger dari band saat itu adalah Mahou no Kotoba. Lagunya enak, bikin galau juga hahaha. Cuman waktu itu gw ga ngeh alias ga inget ama judulnya, dan gw searching-searching akhirnya gw awalin dari album Thank You dengan lagu Thank You juga.. Ini lagu bikin gw jingkrak-jingkrak, asik banget bass nya ampe pala gw goyang-goyang kaya Dick maenin bass nya di setiap live concert. Dan seiring petualangan donlod gw ngoleksi album Monkey Majik, sampai jg akhirnya gw nemu si Mahou no Kotoba yang waktu itu dimainin di VMAJ.

Band ini walau udah sukses, masih tetep berbasis di Sendai. Kontras ama band-band Jepang kebanyakan yang abis sukses mereka langsung pindah ke Tokyo. Langsung aja nih personil-personilnya..

***

Maynard Plant
Lahir tanggal 6 Agustus 1975 di Ottawa, Ontario, Kanada.

Vokalis dan gitaris band sekaligus pendiri band ini. Lulus dari Queen's University. Fasih berbahasa Inggris, Perancis, dan Jepang pastinya. Dia juga fasih dengan nanbu dialect (なんぶべん). Waktu dia di Kanada, dia hobi nulis lagu, tapi cuma buat sendiri aja. Akhirnya dia pindah ke Jepang dan kerja sebagai Assistant Languange Teacher (ALT).
Sebenernya awalnya Monkey Majik didirikan bareng Thomas Pritchard, Chad Ivany, dan Misao Urushizaka. Tapi pas Pritchard ama Ivany keluar dari band, Maynard mutusin buat ngajak adenya (Blaise Plant) join band dia. Maynard sangat menghormati band Godiego (dari Jepang juga), yang nyanyiin sebuah lagu yang berjudul Monkey Magic. Makanya dia terinspirasi buat namain ni band Monkey Majik dari situ.

Dia juga punya solo project namanya blanc., bapaknya seorang musisi professional. Menurut gw dia ini orangnya rapih dan gayanya british banget. Gw suka gayanya, terutama topinya..


Blaise Plant
Lahir tanggal 18 Maret 1980 di Ottawa, Ontario, Kanada.

Vokalis dan gitaris juga. Adiknya Maynard yang nama aslinya Blaise Joseph Anthony Plant. Fasih berbahasa Inggris, Perancis, juga Jepang. Bermain di team Ice Hockey lokal di Sendai. Dia udah aktif sebagai penyanyi dan penulis lagu sejak dia masih di SMA dan tampil di klub. Waktu di Kanada dia belajar di The University of Lethbridge, udah jadi musisi solo, juga sambil ngejar karir akting.

Dia juga punya solo project yang dia namain The Alphabet Project. Menurut gw dia ni orangnya slengean, gaul, asik. Suaranya juga gw pikir lebih kuat daripada kakaknya.


TAX (Takuya Kikuchi, 菊池拓哉)
Lahir tanggal 31 Agustus 1975 di Sendai, Miyagi, Japan.

Drummer Monkey Majik. Ngambil beberapa bagian dari pembuatan lagu. Dia kerja sebagai teknisi gigi selama 5 tahun. Dia dikenalin sama Maynard n Blaise dari temennya. Sebelum jadi drummer resminya Monkey Majik, dia cuma punya pengalaman ngedrum 2 tahun selama di SMP.



DICK
Lahir tanggal 10 Maret 1978 di Sapporo, Hokkaido, Japan.

Bassist Monkey Majik. Dia sebelumnya adalah personil dari sebuah band bergenre funk soul, Soul Addiction. Dia waktu itu dikenal sebagai Hideki Dick Mori. Dia juga pernah jadi personil band jazz, Private Kitchen.

Tiga member Monkey Majik diatas ngundang Dick buat jadi Bassist mereka. Pada waktu itu dia udah lumayan terkenal sebagai bassist di Sendai. Ngajak ke bar Kokubun Cho "The Party District of Sendai", dan memaksanya untuk minum ampe dia setuju buat join Monkey Majik. Menurut gw dia orangnya nyentrik, dan kocak.

***

Sejauh ini mereka udah nelorin 6 Album, diantaranya:
  • 2003: Spade
  • 2005: Eastview
  • 2006: Thank You
  • 2007: Sora Wa Maru De
  • 2008: Time
  • 2011: Westview (download)

Lagu-lagu mereka recommended banget, soalnya dia easy listening. Ada barat ama jepangnya juga. Kadang barat doang, kadang jepangnya doang, kadang campuran. Buat buktiin mending donlod aja album Westview, karena disini hampir semua lagunya enak semua. Terutama Sunshine, Mahou no Kotoba, Wonderland, ama If I Knew. Itu sih menurut gw..

Berikut beberapa lagu-lagu jagoan gw dari band ini, download tinggal klik aja..
  1. Mahou no Kotoba
  2. Sunshine
  3. Tada, Arigatou
  4. Fall Back
  5. Thank You
  6. Fly
  7. Picture Perfect
 Update Release. [Single] MONKEY MAJIK - Headlight [2011.10.26]



1 comments:

dedi said...

baru ya??? ijin sedot gan

Post a Comment